[Day #8] Perkara Jendela Dunia

Buku.

Kata orang adalah jendela dunia. Meneropong seisi semesta melalui rangkaian aksara. Memahami melalui lantunan bahasa dalam bentuk lembaran kertas penuh kata. 

Bicara tentang buku, belakangan saya lebih banyak membaca buku koleksi suami. Entah kenapa agak kehilangan selera “membeli” buku bahkan ketika masuk book store. Padahal biasanya saya sangat antusias dan bahagia kalau masuk surga berisi buku itu. 

Saya lebih suka menelusuri preferensi suami dalam membaca. Jadi urusan milih dan beli sudah dia yang handle. Urusan saya tinggal rapihin dan mencerna isinya. 

Kalau ditanya buku favorit saya, 3 bulanan ini tema seperti sufisme, tasawuf, fiqih kebhinekaan, isu perempuan, dan sejarah tokoh mewarnai isi kepala. 

Dari kesemuanya saya suka sekali dengan “Al Hikam” karya Ibnu Ath-thailah. Sebuah pendar-pendar hikmah dari seseorang yang sangat dekat dengan Allah sungguh luar biasa. 

Kebayang gak? Nemu hikmah yang tersempil dari sebuah kejadian hidup aja udah seneng. Ini bayangkan, hikmah yang dipungut oleh ahli hakikat. Seseorang yang mata batinnnya sedemikian tajamm menyapu kejernihan hiknah yang muncul sedemikian halusnya. 

Kadang, kalau sedang menafakuri tiap pesan Al Hikam, rasanya gak pengen cepet-cepet. Ingin dikunyah perlahan agar lebih besar cahaya Ilahi yang tertumpah di hati. 

Indah, sebuah kitab yang indah. 

Nah kalo buku yang gak terlalu saya sukai mmm apa ya? Mostly semua buku suka sik dilahap. 

Tapi kalo harus milih, mungkin jenis buku yang disadur dari film. Sering terasa aneh dan gak pernah lebih bagus dari filmnya. 

Pun jika filn yang disadur dari buku. Ah sudahlah ya. Buku dan film kadang menurut saya gak bisa berdampingan sama bagusnya. 

Advertisements

2 thoughts on “[Day #8] Perkara Jendela Dunia

  1. ah buku Al HIkam, saya rasanya belum menamatkannya, iya saya seneng baca buku itu, tertariknya justru gara2 nonton film & baca buku ketika cinta bertasbih, karena al Hikam dijadikan salah satu naskah cerita itu.. mungkin kalau bahasa aslinya lebih indah lg ya teh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s