Ketika Bunda Galak dan Kasar

Sore ini sedang di sebuah tempat makan. Judulnya nungguin Air yang lagi main di rumah temen gymnasticnya. 

Oleh karena Air liburan, nyaris 24 jam kami selalu bersama-sama. Momen mahal dan penuh syukur dijalanin. 

Tapi detik ini saya menyadari sesuatu. Jarak yang tercipta antara saya dan Air sekarang membuat hati lebih jernih mengevaluasi hal yang kemarin luput ditangkap. 

Saya menyesal, belakangan memperlalukan Air tidak baik. Galak, bukan tegas. Kasar, bukan dengan hormat. 

Iya, saya lupa. Kedekatan kami memang teramat lekat sampai rasanya saya boleh seperti itu. Walaupun hampir kesemuanya dilakukan tanpa sadar. 

Disadari beberapa detik setelah dilakukan. Kemudian disesali. 

Saya barusan mencoba memutar kembali beberapa adegan di mana Air bermuka khas ketika ia kecewa. Dan sungguh, ini bukan kecewa yang perlu ia rasakan. Maaf, Nak.

Ada beberapa jenis kecewa dan alasan kecewa yang perlu anak alami agar ia belajar. Tapi sungguh, yang saya lakukan rasanya kok ya sebaiknya bisa saya hindari. 

Kemudian saya mencoba mencari tahu alasannya. Mengais-ngais penyebabnya. 

Saya sedang panik. Saya sedang resah. Saya sedang tak karuan. Mostly, mode “cranky mom” keluar pas saya lagi laya gitu. 

Tapi rasanya gak adil ya kalau kemudian alam bawah sadar saya memperlakukan Air seperti itu jika saya sedang “muter-muter”.  

Okelah. Sebaiknya penyesalan ini harus jadi pelajaran biar jadi perbaikan. Ini yang ingin saya coba lakukan.

1. Bicara dengan Air = tenang dulu.

2. Intonasi biasa aja. Kan saya juga gak suka dibentak sama orang lain hanya karena kesalahan kecil. Gak enak tau!

3. Benahi yang bikin galau segera. Kalau belum bisa, katakan pada diri, “Tenang, ini postpone dulu. Dipikirkan lagi pada waktunya”. 

4. Hormati Air. Dia anak, guru, human being. Ada Allaah dalam hatinya. 

5. Sadari. Waktu bersama gak akan selamanya. Nikmati. Syukuri. Jalani dengan cinta terbaik. 

Ah, saya jadi sangat merindukan Air sekarang. Saya jemput malaikat kecilku dulu, ya. 

Leave a Reply

