[Day#5] Perkara Tempat Hidup

Tema hari ke-5 ini saya harus cerita tentang sebuah tempat untuk tinggal tapi gak pernah ke sana. 

Gini, sebelumnya saya mau bilang dulu. Bahwa tinggal di sebuah tempat dalam waktu lama adalah sebuah siksaan buat saya. 

Saya senang tak terikat. 

Coba kita tengok sejenak bagaimana setiap jenjang hidup jadi petualangan beda tempat.

SD: tinggal buka pintu dapur udah sampe di sekolah. Ini sungguh gak keren. Akhirnya saya lebih rela jalan memutar demi bisa ke sekolah lengkap dengan adegan “memasuki gerbang”. Ini sakral. Tolong jangan diganggu gugat.

SMP: Masih di kota yang sama. Tapi sungguh membanggakan karena bisa agak lebih jauh. Berjalan kaki 15 menit, lalu sampai. Dan sekolah ini adalah SMP terbaik di kota kelahiran saya. *angkat alis

SMA: Yippiii!! Bisa sekolah di ibu kota provinsi begitu menyenangkan. Walau bukan sekolah anak-anak jenius, saya tetep seneng karena bisa keluar dari kota administratif kecil. Pulang sekolah, baju bau angkot itu terasa prestasi. Emm… Iya tau itu aneh. Tapi saya bahagia. 

Kuliah: Ini hijrah terbesar saya di saat itu. Gak peduli apa jurusannya. Yang penting masuk universitas negeri unggulan dengan satu syarat: gak di Bandung. Dan ya, bisa kuliah di UI yang buta banget kaya apa serta gak pernah kepikir masuk situ, rasanya saya punya sayap. 

Saya suka langkah-langkah panjang keluar dari rasa nyaman di sebuah kota. 

So, kalo sekarang ditanya kelak pengen tinggal di mana. Negara apa. Cuman satu jawabannya.

Saya mau tinggal di mana-mana. Maksimal 3 tahun di satu tempat.

Budaya baru, iklim baru, perjuangan baru adalah hal yang membuat saya ‘hidup’. 

Sehabis kuliah, perjalanan pengembaraan saya stuck. Saya rindu ke luar Bekasi. Saya ingin menghirup semesta dari tempat berlainan. 

Sebetulnya, kalo boleh diubah sedikit tema challange hari ini dengan di mana saja kamu ingin tinggal, saya malah seneng banget jawabanya.

Sebut saja Australia, Paris, Greenland, Belanda, Madinah, Hawai, pedalaman Kalimantan, dan menghabiskan masa tua di Yogyakarta. 

Namanya juga mimpi. Boleh kan? 

#30DaysWritingChallange

2 thoughts on “[Day#5] Perkara Tempat Hidup

Leave a Reply

