[Cerita Pulau] Mandi Angin di Remora

Sebetulnya pengen posting sekalian foto saat snorkeling menjelajahi pulau di trip kali ini. Tapi kebanyakan foto itu ada di kamera underwater punya Chika. Baiklah. Saya mau cerita aja tentang perjalanan di atas Kapal Motor Remora.

Mejeng sebelum jalan sama Pak Tibi dan Pak Jenggot.

Nah ini dia artes hits masa kini yang berbaju merah, Dede.

Ini adalah kapal yang sama dengan perjalanan jelajah Pulau di November tahun lalu. Masih dengan guide bernama Dede dan seorang Pak Tua berjanggut yang saya selalu lupa namanya.

Kapal biru putih yang dilengkapi jendela di depan kemudi ini milik jagoan Pulau Pramuka. Pak Tibi namanya. Ia sudah menjadi kawan yang setia menemani para pecinta laut sejak kami masih duduk di bangku kuliah.  Pak Tibi selain memiliki kapal (salah satunya KM Remora) dan anak buah kapal yang setia berada di bawah arahannya, juga memiliki istri yang sangat keibuan.

Ibu Tibi yang berjilbab hijau. Aih, dia bisa juga poses ala ala Korea. Peace!

Cerita sedikit tentang Ibu Tibi. Bayangkan sosok yang tambun dan lugu. Ia senang tertawa kegelian, bahkan untuk hal yang kami suka bingung apa yang ia anggap lucu. Istri Pak Tibi sudah kami anggap sebagai ibu. Perpanjangan tangan Tuhan sebagai ibunda kala kelaperan salah satunya hahahahah. Kalau kami datang, sebut saja nama makanan dan dia akan segera menyodorkannya. Hal ini membuat kami berhati-hati melontarkan jenis kuliner. Benar saja, ketika Lyd bilang “Ikannya mana?” saat sepiring besar cumi bakar dihidangkan di depan mata, delapan ikan bakar langsung menyusul tersaji dengan cepatnya. Aih, ibu ini baiknya.

Septi dan Air. Air mukanya kesenangan karena dibeliin permen loli banyak dan kaos Pulau Seribu sama Ibu.

Tak hanya Ibu, Septi yang merupakan anak kedua mereka sangat ramah dan menyenangkan.  Bayangkan saja, Air diajak main ke hutan mangrove mencari kerang dan membuat mahkota dari rumput laut. Asyik berkejaran di pantai sampai keduanya basah kuyup saat pulang ke rumah. Sayang, saya tak sempat mengabadikan momen mereka saat bermain. Ah, keluarga Pak Tibi memang hangat. Semoga mereka diberkahi.

Okey lanjut ke atas KM Remora. Perjalanan kali ini, kami akan snorkeling di Pulau Perak, Pulau Belanda, dan Pulau Bira. Destinasi yang memakan waktu sekitar 2 jam.

Yaiy! Aer asin kami dataaang.

Pose kaki silang kembaran wajib diabadikan, katanya.

Dini dengan bindy yang makenya miring. Oleh-oleh Chika dari India.

Satu jam pertama kami masih semangat selfie dan sesekali bercanda di atas kapal.

Namun sejam ke depannya kami mulai mati gaya. Ada yang tidur karena begadang semalam sampai yang merenungi nasib dan sibuk entah apa yang berkecamuk dalam pikirannya.

Saya sendiri sempat bermeditasi kira-kira 15 menit. Lumayan hebat sensasinya. Perpaduan antara hela napas, debur gelombang, ayunan kapal, dan deru mesin bercampur menjadi sebuah nuansa yang tak pernah saya dapati jika ada di darat.

Di Pulau Perak, kami sempat menambatkan kapal. Rupanya ini merupakan pulau wisata. Karena banyak wisatawan yang makan di warung, berfoto, dan main pasir yang memang putih menyilaukan. Hal yang cukup seru adalah ada banyak ayunan yang bertali panjang sekali di tepi pantai.

Dan gorengan ada di mana-mana, kawan. Bakwan jagung panas, tahu isi, dan pisang goreng jadi jagoan di Pulau ini. Yummm. Nikmat sekali.

Cerita snorkeling singkat saja ya. Karena banyak hal yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.  Hal yang lucu adalah beberapa kali snorkel saya dan Air lepas dari masker. Dan mengharuskan Dede menyelam lebih dalam untuk mengambilnya. Juga ketika Air panik berenang berbalik arah ketika harus snorkeling di atas kumpulan bulu babi yang berjarak beberapa belas senti dari tubuhnya. Hihihihi. Saya juga ngeri sih sejujurnya.

Total dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore kami wara-wiri dari pulau ke pulau dengan hati riang.  Dan alhamdulillah KM Remora sangat tahu diri. Mesinnya mati pas ketika sudah menyentuh bibir dermaga Pulau Pramuka tempat kami menginap.