Bagaimana Seninmu, Kawan?

Senin. Itu yang tertulis pada almanak di meja kerja saya. Sebuah hari yang notabene dibenci oleh segerombol umat pekerja. Entah apa salahnya. Dia tak meminta disandingkan di sebelah Minggu, hari yang penuh geliat dan hawa keriangan itu. Tapi memang Senin bernasib bersebrangan dengan Sabtu atau setidaknya Jumat malam. Sudahlah, intinya Senin menyimpan kesan tersendiri di tiap orang.

Lalu, bagaimana saya menyikapi Senin?

Tentunya beragam. Untuk urusan kantor, Senin adalah waktu untuk menempatkan ‘state of work’. Itu artinya saya berusaha melibas deretan detik yang dilalui seminggu kemarin. Mencoba menarik sebuah benang. Apa yang sudah dikerjakan, apa yang tertunda, dan apa ya kira-kira kendalanya. Setengah hari biasanya rampung sudah progress report seminggu kemarin, lengkap dengan rencana satu pekan ini. Kalau diibaratkan sebuah kendaraan, saya memasukkan gigi 2 di tiap Senin. Inilah yang sering kali jadi pergesekan. Rekan-rekan kerja saya memilih gigi 1 atau bahkan nol. Katanya kecepetan, terlalu gas poll. Tapi eh tapi… itu biasanya.

Nah, ada yang tidak biasa di hari ini.

Hari ini. Ya, tepat di detik ini. Saya cuman ingin satu hal. Duduk-tenggelam di sebuah sofa besar. Berpasrah mengikuti alur dan arus kisah dalam buku yang sedang dilahap seminggu ini. Dan setia ditemani teh tarik hangat. Sebuah minuman yang memenangkan hati di kala perut ini menyatakan permusuhannya dengan kopi.

Cuman itu yang saya mau. Tepat seperti gambar di atas.

Malas? Entahlah. Mungkin cuman lelah aja. Rasanya kegiatan di atas sebuah pelarian yang cukup aman, nyaman, dan tentu saja mudah. Kalau ditanya kenapa nggak kongkow-kongkow dengan teman aja? Ya, itu yang biasa terbersit dan dilakoni. Tapi itu tadi, ada yang tidak biasa hari ini.

Kalo dibilang butuh me-time, bisa jadi bener. Walau sebenarnya me-time versi saya nggak neko-neko. Menikmati lagu saat Air bobo malem. Atau merenung di bis dalam perjalanan pulang juga cukup.

Jadi, apakah Seninmu tidak biasa juga?

Leave a Reply

