Panggilan (Sok) Enggres

“Reina emang anak mommy”

Itu secuplik status FB temanku (nama anak diganti dengan nama fiktif). Konon, dia beranak dan membesarkan di kota orang-orang bule. Ada lagi yang gini:

“Raka sopan sekali. Mau berangkat ke daycare salim dulu sama Ibu dan Ayah”

Si keluarga ini pun sama. Anak-anaknya besar di negeri orang. Rasanya, entah kenapa, lebih ‘nyess’ rasanya liat pasangan yg tinggal di luar negeri namun masih mendidik anak-anaknya dengan hal-hal yang Indonesia. Nggak mentang-mentang tinggal di sana lalu jadi bermommy-daddy. Itu baru hal kecil. Entah gimana yang lainnya.

Sebenarnya banyak juga sih di Indonesia anak yang diminta ortunya manggil “Mommy”, “Ummi”, dan kata panggil lainnya.

Postingan ini gak punya tendensi apa-apa sih. Cuman rasanya lebih bangga liat keluarga yang juga bangga menggunakan bahasa bangsa sendiri walau hidup di negeri seberang.

Seperti kata dosen yang mengomentari status FBku tentang hal ini: “Buat saya sih sama aja. Yang penting sayang sama orang tua.” Ya….setuju. Tapi bukan itu sih inti diskusinya.

Cuman tentang bangga.

Dan entah kenapa aku ko jadi pengen bilang makasih buat para Ibu dan Bunda yang di luar sana….

Advertisements

4 thoughts on “Panggilan (Sok) Enggres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s