Hei, Anakku Sudah Gadis

Tulisan ini sejatinya ditulis tanggal 1 September 2010.

Until I Met You

Before I met you,
I thought I was happy,
and I was
But I had never known
the rich contentment,
deep satisfaction,
and total fulfillment
you brought to me
when you came into my life.

Before I met you,
I felt a lot of things,
good things,
But I had never experienced
the indescribably intense
feelings I have for you.

Before I met you,
I thought I knew myself,
and I did,
but you looked deep inside me
and found fresh new things
for us to share.

Before I met you,
I thought I knew about love,
but I didn’t,
until I met you.
By Joanna Fuchs

Puisi di atas kiranya mewakili seluruh perasaanku di hari ini, hari bersejarah ini.
Yak, hari ini Air melepas masa balitanya, 5 tahun katanya mantap sebelum ia berangkat sekolah. Tiba-tiba sekelebatan peristiwa melahirkan, saat ia pertama kali tumbuh gigi, saat ia melangkahkan kakinya yang pertama di Yogja, saat ia mengayuh sepeda bergambar zebra, saat ia demam tinggi dan harus diambil darah, saat ia berkenalan dengan temannya, dan saat ia pertama sekolah seperti berputar-putar di kepala ini.

Bagi Air, ulang tahun adalah hari dimana ia mendapatkan banyak ucapan selamat, doa, dan kado. Maka pertanyaannya: “Berapa banyak ya ucapan selamat dan kado yang akan aku dapatkan, Bunda?”

Bagiku, ulang tahun Air adalah kontemplasi mendalam atas diriku sebagai ibu. Maka pertanyaannya: “Sudah baikkah diriku dalam menjaga, mengurusi, dan mencintai amanah yang Langit berikan kepadaku?”

Namun, Air seperti berisyarat padaku bahwa ia tidak menginginkan sosok ibu yang sempurna. Ia membutuhkan ibu yang berbahagia. Berbahagia karena memiliki Air sebagai anaknya dan bahagia atas dirinya sendiri. Ia mengingatkanku bahwa tidak perlu menjadi sempurna untuk bahagia, namun kebahagiaan adalah satu jenis kesempurnaan dalam hidup.

Anakku,
Hari ini langkah barumu dimulai. Melangkahlah dengan penuh keceriaan. Karena ceria akan mengajak dirimu menemukan hal baik di sela-sela hal pahit. Kelak kau akan menyaksikan bahwa dunia tak seindah yang kau lihat saat kau masih bayi. Kau akan menemukan banyak sekali kesengsaraan, ketidakadilan, dan kesusahan di dunia ini.

Namun jangan berkecil hati, anakku…
Ikuti kata hatimu. Karena kata hati akan menemanimu menjalani hidup dengan kejujuran dan kehati-hatian dalam komposisi yang sangat seimbang.

Kau juga tidak perlu khawatir hanya karena kau masih anak-anak. Hatimu yang bersih dan polos mampu mengubah dunia seperti anak-anak hebat lainnya yang sudah lebih dahulu melakukan itu. Mereka temanmu, bercengkramalah dengan mereka.

Kelak kau akan diberikan sebuah senjata ampuh seiring dengan pertumbuhannmu. Kepolosan yang kau miliki akan bermetamorfosa menjadi kearifan. Hal yang akan menghuni hatimu. Namun kearifan akan keluar dari kepompong hatimu jika hatimu terbuka. Kearifan juga akan tumbuh dengan sebuah kekuatan yang bernama energi positif.

Jika kearifan dan keceriaan ada dalam hatimu maka niscaya apa yang kau pandang akan selalu positif. Jika hal positif yang menjadi fokus hatimu, masih bisakah kau melihat hal yang negatif? Buatlah dirimu sibuk dengan hal baik, niscaya hal buruk tak mendapatkan tempat di hatimu.

Anakku,
Kelak kau akan sendiri. Bunda dan Ayah mungkin hanya mendapatkan kesempatan menemanimu sebentar saja. Jika kau memilih bahagia, pilihlah berbahagia dengan caramu. Jika kau memutuskan memasukkan kearifan dan keceriaan dalam hatimu, lakukan dengan gayamu. Kenalilah dirimu, karena ia yang mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya…

Selamat menjalani hari-harimu tanpa status balita lagi ya, Air..
Terima kasih sudah 5 tahun ini menjadi temanku, sahabatku, partnerku, guruku, dan bangga menjadi anakku…

Hei guys, lihat anakku sudah gadis…gadis kecil.

Advertisements

2 thoughts on “Hei, Anakku Sudah Gadis

  1. i am so speechless… i kinda feel it, though my lil’ cutie kari baru mau 5 bulan besok, tapi nyawanya itu loh di tulisan inih.. (lebay.com) xixixixixii….

    eniwei, really love ur writing bei… if i could do it better, or at least sama gitu bikin kata2 untuk bidadari kecilku, mgkn ga akan sebagus ini… *sangat2 terharu…. Dear Kari cantikku…tulisan tante bei ini, mama persembahkan ya buat kamu di hari ulang bulan kamu yg ke-5 besok…hehehehe…. luv u baby… mmmmuuuaaaccchhhh….. ^o^

    *hugssssss n kissesss to tante beina

  2. Makasih mama Kariiii…

    Pasti bisa ko bikin sendiri ntar. Asal nulisnya bener-bener dari hati. Kari pasti seneng. Dan, aih, tersanjung kalo tulisan ini jadi kado juga buat Kari. Moga Kari seneng.

    Met ulang bulan dear Kari..

    *huggsss n kissessss backkk*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s